Jumat, 13 April 2012

intransitive


Intranstive verb is one that “looks back” in the sense that it relates back to the doer of the action and not to anyone or anything else. In other words it signifies an action that is done by someone or something, but it is not done to anyone or anything. An example of an intransitive verb in English is the verb “to die”. Maksudnya intransitive verb adalah kata kerja tindakan, tapi tidak memiliki objek langsung.  Namun kalimat tersebut dapat langsung di pahami maknanya.
Kategori kata kerja intransitive
1) Kata kerja intransitif yang mana saja, yang membuat pengertian lengkap dengan sendirinya, dan tidak memerlukan kata atau kata-kata apa saja untuk ditambahkan padanya untuk maksud ini, disebut intransitive verbs of complete predication.
Contoh:
Cows walk,
horses run, dsb.

2) Intransitive verb with complement (kata kerja intransitif dengan komplemen)
Kata-kata kerja intransitif yang tidak membuat pengertian yang lengkap dengan sendirinya, tetapi memerlukan komplemen, disebut intransitive verbs of incomplete predication.
Komplemen untuk kata kerja intransitif dalam bentuk yang sama jenisnya seperti komplemen untuk kata kerja transitif.

3) The cognate object (objek yang sama asalnya, sifatnya atau artinya)
Kata kerja intransitif kadang-kadang boleh diikuti oleh kata benda yang sedikit banyak telah dinyatakan secara tidak langsung dalam kata kerja itu sendiri.
Jadi kita boleh mengatakan “He has lived a happy life” (ia hidup bahagia). Kata benda “life” (kehidupan) telah dinyatakan secara tidak langsung dalam kata kerja “lived” (hidup), dan sebenarnya merupakan bagian dari artinya.
Objek yang demikian disebut cognate object, karena kata benda yang menunjuk padanya merupakan arti yang sama terhadap kata kerja itu sendiri.
Contoh :
1.      The contestants still misunderstood.
2.      I feel asleep.
3.      I am sitting under the tree.
4.      The man stand on the bridge.
5.      They came last night.
6.      She reads quietly in her bedroom.
7.      I slept a sound sleep.
8.      I eat fastly.
9.      I am smiling.
10.  I go to school.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar