Minggu, 03 November 2013

kesalahn kalimat pada artikel/berita

kali ini saya akan mencoba menganalisis kesalahan-kesalahan kalimat seperti kesalahan pada kalimat aktif/pasif,kesalahan dalam memilih kalimat majemuk setara dan majemuk bertingkat dll.berikut berita berupa artikel yang di ambil sebagai referensi dari
http://www.merdeka.com/jakarta/polisi-ancam-beri-denda-maksimal-pengendara-yang-melawan-arus.html

Polisi ancam beri denda maksimal pengendara yang melawan arus

Merdeka.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya saat ini tengah menggalakkan penindakan penerobos jalur bus Transjakarta. Selain ditilang, para pelanggar juga akan dikenakan denda maksimal yaitu Rp 500 ribu untuk roda dua dan Rp 1 juta bagi roda empat.

Rupanya denda maksimal tidak akan diberlakukan bagi pelanggar penerobos jalus bus Transjakarta saja. Denda maksimal juga akan diberikan kepada pengendara yang nekat melawan arus.

"Selain terobos jalur bus Transjakarta melawan arus merupakan salah satu pelanggaran yang kerap terjadi di ibu kota," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Chrysnanda Dwi Laksana, Senin (4/11).

Chrysnanda berpendapat penerapan denda maksimal bagi pelanggar dilakukan untuk memberikan pelajaran dan efek jera bagi para pelaku pelanggaran. "Semuanya ini untuk memberikan pelajaran, tidak ada maksud lain," ucapnya.

Namun, mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya tersebut enggan menyebutkan kapan denda tersebut diberlakukan. Kendati demikian, Chrysnanda menegaskan pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan tertinggi sudah semestinya dikenakan denda maksimal.

"Dendanya masuk ke kas negara, dan diharapkan uang hasil denda bisa diperuntukan membangun sarana transportasi yang layak," tegasnya.

Saat ini, lanjutnya, polisi tengah melakukan pembahasan dengan seluruh stake holder yang berkepentingan. Diharapkan, dengan adanya hukuman denda maksimal maka bisa membuat pengendara lebih disiplin dalam berlalu lintas.

"Kita berharap, masyarakat bisa lebih disiplin dan pelanggaran akan berkurang," pungkasnya

mungkin ketika kita membaca artikel di atas tidak terlihat kesalahan dalam penulisan kalimatnya , tapi saya akan mencoba untuk menganalisis kesalahan penulisan artikel di atas .

"Selain terobos jalur bus Transjakarta melawan arus merupakan salah satu pelanggaran yang kerap terjadi di ibu kota,"
sebaiknya  kalimat tersebut :
"menerobos jalur bus Transjakarta dan melawan arus merupakan pelanggaran yang sering terjadi di ibu kota"

Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya aktif melakukan sesuatu. Sedangkan kalimat pasif adalah kalimat subjeknya dikenai sesuatu pekerjaan.
Contoh:
  • Kalimat aktif: Rani sedang menyiram tanaman.
    • Kalimat pasif: Tanaman sedang disiram Rani.
  • Kalimat aktif: Danu membeli buku pelajaran.
    • Kalimat pasif: Buku pelajaran dibeli Danu.


  • Kalimat aktif: Kakak sedang membaca buku.
    • Kalimat pasif: Buku sedang dibaca Kakak.
"Rupanya denda maksimal tidak akan diberlakukan bagi pelanggar penerobos jalus bus Transjakarta saja. Denda maksimal juga akan diberikan kepada pengendara yang nekat melawan arus"

sebaiknya di beri kalimat seperti :

"Denda maksimal tidak akan diberlakukan bagi pelanggan penerobos jalur bus Transjakarta saja tapi denda maksimal juga akan diberikan kepada pengendara yang nekat melawan arus "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar